Sejarah Game Online di Dunia

Game online adalah gim video yang sebagian atau sebagian dimainkan melalui Internet atau jaringan komputer lain yang tersedia.  Game online ada di mana-mana di platform game modern, termasuk PC, konsol, dan perangkat seluler, dan menjangkau banyak genre, termasuk penembak orang pertama, game strategi, dan permainan peran-peran online besar-besaran (MMORPG).

Desaindari game online biasanyadidapatkandarilingkungansekitar yang berbasitulisansederhanasampaipenggabungangrafis yang sangatkerendalamdunia. Keberadaan komponen online dalam game dapat beragam mulai dari fitur minor, seperti papan peringkat online, hingga menjadi bagian dari permainan inti, seperti langsung bermain melawan pemain lain. Banyak permainan daring membuat komunitas daring mereka sendiri, sementara gim lain, terutama gim sosial, mengintegrasikan komunitas pemain nyata yang ada.

Budaya permainan online terkadang menghadapi kritik untuk lingkungan yang mungkin mendorong penindasan maya, kekerasan, dan xenofobia. Beberapa juga khawatir tentang kecanduan game atau stigma sosial. Game online telah menarik pemain dari berbagai usia, kebangsaan, dan pekerjaan.Konten game online juga dapat dipelajari di bidang ilmiah, terutama interaksi gamer dalam masyarakat virtual dalam kaitannya dengan perilaku dan fenomena sosial kehidupan sehari-hari.

Telah diperdebatkan bahwa, karena pemain game online adalah orang asing satu sama lain dan memiliki komunikasi terbatas, pengalaman pemain individu dalam sebuah gim online pada dasarnya tidak berbeda dengan bermain dengan pemain kecerdasan buatan. Game online juga memiliki masalah tidak dapat dimainkan secara permanen, tidak seperti game ritel yang dibeli, karena mereka memerlukan server khusus agar dapat berfungsi.

Sejarah game online tanggal kembali ke hari-hari awal jaringan komputer berbasis paket pada 1970-an, Contoh awal dari game online adalah MUD, termasuk yang pertama, MUD1, yang diciptakan pada tahun 1978 dan awalnya terbatas pada internal jaringan sebelum terhubung ke ARPANet pada tahun 1980. Permainan komersial diikuti dalam dekade berikutnya, dengan Islands of Kesmai, game online role-playing pertama, memulai debutnya pada tahun 1984, serta lebih banyak permainan grafis, seperti game action MSX LINKS pada tahun 1986, simulator penerbangan Air Warrior pada tahun 1987, dan game Go online Famicom Modem pada tahun 1987.

Ketersediaan cepat Internet pada 1990-an menyebabkan ekspansi game online, dengan judul-judul terkenal termasuk Nexus: Kerajaan Angin (1996), Quakeworld (1996), Ultima Online (1997), Lineage (1998), Starcraft ( 1998), Counter-Strike (1999) dan EverQuest (1999). Jaringankontrol video game mengikutiperkembangandenganmulaimemasukijaringan yang mulai online, SegaNet (1996), PlayStation 2 (2000) dan Xbox (2001). Mengikuti peningkatan kecepatan koneksi, perkembangan yang lebih baru termasuk mempopulerkan genre baru, seperti game sosial, dan platform baru, seperti game seluler.

You may also like...